Thursday 16 May 2013

Pantai Harlem – Jayapura


Pantai Harlem – Jayapura

Pantai Harlem – Tanah Papua, bisa dikatakan sepenggal tanah surga di Indonesia. Kealamian alamnya, benar-benar mempesona siapapun yang memandangnya, baik di daratan maupun di lautan. Seperti halnya sebuah pantai yang terletak sedikit tersembunyi di balik perbukitan dan dari keramaian. Pantai Harlem, keindahan alam yang diberikannya, benar-benar tidak bisa di tolak untuk dinikmati.

Warga lokal bilang, Harlem adalah pantai paling indah di Jayapura, Papua. Pantai ini begitu terpencil, tersembunyi di balik tebing yang bersahabat dengan bukit-bukit gagah. Harlem adalah setitik nirwana di alam Papua.




Lokasi dan Transportasi

Pantai yang luar biasa indahnya ini, berada di kawasan Distrik Depapre, Jayapura. Untuk mencapai lokasi dari Pantai Harlem, mau tidak mau anda harus mengarungi Samudera Pasifik selama kurang lebih setengah jam dengan kapal nelayan.
Hal ini, dikarenakan belum adanya akses jalan darat menuju lokasi pantai tersebut, sekalipun anda ingin melalui daratan, anda harus rela trekking di hutan selama berjam-jam melewati lereng-lereng dan perbukitan yang ada di belakang pantai tersebut.
Sebelum memulai perjalanan anda mengarungi samudera, anda harus menuju ke Pantai Tablanusu yang terletak di Desa Tablanusu, Distrik Depapre, Jayapura. Untuk menuju pantai ini, anda akan menempuh perjalanan sejauh 54 kilometer dari pusat kota Jayapura atau sekitar 2 jam perjalanan.
Untuk menuju pantai ini, anda bisa menggunakkan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Atau, jika tidak ingin repot mencari kendaraan umum, anda bisa menyewa kendaraan roda empat dengan tariff harian sekitar Rp 500.000*) per hari dan sudah termasuk sopir.
Setelah tiba di pantai ini, untuk anda yang membawa kendaraan, akan dikenakan biaya masuk dan parkir kendaraan sebesar Rp 10.000*) untuk satu buah mobil dan per orangnya harus membayar Rp 5.000*).
Di sini, anda harus menitipkan kendaraan anda, kemudian anda harus menyewa kapal nelayan yang ada di sekitar Pantai Tablanusu. Biasanya kapal nelayan ini, memiliki kapasitas maksimal 10 orang. Biaya sewa juga beragam, tergantung muatan kapal dan hasil tawar menawar anda dengan pemilik kapal nelayan tersebut.
Biasanya, anda akan dikenakan biaya kurang lebih Rp 300.000*) hingga Rp 400.000*) untuk pulang dan pergi. Jadi, anda tak perlu bingung untuk transportasi pulang kembali ke Pantai Tablanusu. Setelah sekitar setengah jam perjalanan, anda akan melihat pesisir pantai berpasir putih dengan air yang lebih jernih lagi serta biota laut yang tampak cantik. Nah, berarti anda telah tiba di kawasan Pantai Harlem. Di pantai ini, anda sudah tidak dikenakan biaya lagi. Sehingga, anda puas menikmati keistimewaan tanah di timur Indonesia.

Tips
  • Bawalah perbekalan makan sendiri. Karena, tidak adanya penjual makanan di sekitar pantai.
  • Jangan lupa catat kontak pemilik kapal nelayan yang anda sewa. Jika ada perubahan jam pulang pada saat perjanjian, anda bisa mengkonfirmasi kembali lewat telepon.
  • Jangan lupa bawa pakaian ganti. Sekalipun anda tidak bermain air, tetapi perjalanan anda dengan kapal nelayan melewati Samudera Pasifik, tak jarang anda akan terkena gelombang air yang terkadang masuk ke dalam kapal.
  •  Dekatkan diri anda dengan penduduk sekitar. Mungkin saja mereka senang dengan kunjungan anda dan siapa tahu anda akan dapat tumpangan gratis jika anda berniat untuk menginap.

Pantai secantik ini, mungkin sudah sangat jarang untuk di temukan. Selain itu ada juga yang berpendapat bahwa pantai ini merupakan pantai tercantik di Papua. Anda bisa mencari ketenangan sekaligus mendapatkan pemandangan yang luar biasa indah di pantai ini. Masukkan Pantai Harlem sebagai salah satu tujuan wisata anda dan rasakan sendiri keindahan alamnya. Selamat bersenang-senang!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu




No comments:

Post a Comment